Selamat Datang

Forum DuniaFitnes.com adalah media untuk berdiskusi tentang fitnes, diet, dan nutrisi. Silahkan mendaftar atau sign in terlebih dahulu untuk berdiskusi.

Login with Facebook

Top Posters

Home » Suplementasi
share tentang creatine, cara pemakaian, fungsi, efek samping
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,049
    Bagi-bagi ilmu dong bagi yg udah prnh pke creatine, baik cara pakai, fungsi, dan efek samping dari creatine itu sendiri
  • 645 Comments sorted by
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,049
    Perkenalkan nama saya aditya, udah 3 tahun fitnes, start berat badan sblm fitnes 55-60 kg dengan tinggi 184 cm, skrng stlh 3 tahun fitnes menjadi 75 kg, program fitnes q sekarang bulking, mau naikkan berat badan jdi 80 kg, type badan q kering dengan massa lemak 15%, bentuk badan sih udah bgs, cma dirasa masih kurang besar lingkar lengan 45 cm, suplemen yg dipake sekarang whey isolate + WPC34 + L-glutamine + BCAA,
    (Saya tidak sebutkan merk) nah skrng atas saran teman mau ditambahin lagi dengan creatine, yg mau saya tanyakan bagaimana cara pakai, fungsi, dan efek samping dri creatine itu sendiri, mohon bantuannya
  • Klo konsumsi creatine monohydrate itu ada 2 fase, yaitu fase loading dan maintenance, saya bantu jelaskan sedikit ya:
    1. Fase Loading,

    Fase loading diperlukan saat pertama kali mengkonsumsi creatine atau
    setelah cycle time (berhenti mengkonsumsi sekitar 1 bulan)

    Caranya: minum 4x sehari selama 5 hari pertama.

    2. Fase Maintenance,

    Setelah 5 hari pertama, lanjutkan pemakaian creatine 1x sehari.

    Setelah pemakaian selama 2 bulan, sebaiknya berhenti konsumsi creatine selama 1 bulan (cycle time) supaya tubuh kembali di adjust.

    Efek samping tidak ada selama kebutuhan air tercukupi 2 liter sehari.
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,049
    saya pakai creatine monohydrat dari prolab,

    dalam kemasan, aturan pakai, fase loading 20gr/hari atau 4 kali sehari/5gr, dan fase maintenance
    10 gr perhari atau 2 kali sehari/5gr, yang mau saya tanyakan:

    1. selama fase loading, tanpa fitnes (waktu istirahat) apakah tidak apa-apa konsumsi creatine ?
    2. pada saat fase maintance, apakah walapun tidak latihan tetap harus diminum creatinenya?

    pola latihan saya 1 minggu 5 hari latihan, 2 hari istirahat, biasanya sabtu minggu tidak fitnes
    mohon pencerahannya
  • Bro, start pemakaian creatine mulai hari apa?
    Fase loading itu untuk 5 hari pertama.
    Ketika off latihan tetap konsumsi creatine, klo saya pribadi tetap konsumsi 1x sehari sebanyak 5 gram.
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,049
    mulai hari ini bro, barangnya baru aja datang, udah ane minum 5gr pertaman, ntr abis makan siang ane minum lagi 5gr, trs 1 jam sebelum latihan 5gr cretaine + 1 scoop WPC34(50gr) + 1 scoop carnivor whey isolate (37gr) + 2 caps L-glutamine, 1 jam setelah latihan sama minumnya dengan sebelum latihan,
    tepat hari minggu pas 5 hari fase loadingnya, senin udah fase maintenance, masalahnya sabtu minggu ane istrht fitnes bro, gimana tuh sarannya?

    nah pertengahan bulan juli kan puasa, untuk creatine harus sering minum air, padahal saya puasa, bagaimana mensiasatinya? apakah selama puasa tetap memakai fase maintenance atau stop digunakan creatinenya selama puasa?
  • Tetap konsumsi 4x sehari, karna masi fase loading dan diimbangi minum air 2-3 liter.
    Tujuan dari fase loading ini supaya creatine dalam darah mencapai titik optimal.
    Selama puasa mending stop dulu pemakaian creatine nya.
    Setelah lewat 1 bulan/lewat puasa, start lg pemakaian nya creatine nya.
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,049
    jadi walaupun tanpa latihan creatine harus tetap diminum y kalau masih di fase loading?
    nah klo dalam fase maintenace, apakah diminum juga apabila tidak latihan, pada saat saya
    istrht sabtu minggu?

    ideal konsumsi creatine pada saat fase maintenance bgsnya gimana? rencananya saya akan saya
    minum sebelum dan sesudah latihan, saya fitnes malam mas bro
  • Ya betul, tetap dikonsumsi juga.
    Saat fase maintenance minum saat pagi bangun tidur dan setelah latihan.
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,049
    klo diminum sebelum dan sesudah latihan boleh juga?

    jadi selama fase maintenace walapun istrht tetap diminum creatinenya? tetap sesuai dosis 10 gr atau dikurangin jadi 5 gr?
  • Bole, tak masalah.
    Ya tetap minum, tetap ikuti dosis saja 10 gram.
    Klo saya tidak terpaku pada direction nya, saat off saya konsumsi cuma 5 gram.
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,049
    jadi lebih baik pada saat istrht fitnes konsumsi 5gr saja y? bgsnya sblm tidur atau pagi pada saat bangun tidur?
    pada saat pake creatine ini qt harus perbanyak asupan karbo dan gula, benar ga? karena saya prnh baca di mbah google, creatine akan maksimal apabila asupan karbo dan gula terpenuhi maksimal, benar g?
  • Bagus nya pagi hari setelah bangun tidur.
    Bukan masalah benar dan tidak.
    Tapi tujuan creatine dikonsumsi bersama gula yaitu untuk memicu pelepasan insulin, sehingga penyerapan creatine dalam tubuh lebih optimal.
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,049
    oke deh, trims infonya y, banyak belajar nih jadinya
  • Ok bro sama2..
  • TheoTheo
    Posts: 69
    creatine buat nambah stamina latihan ya kang??
  • Ya, tidak hanya stamina, power juga nambah..
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,049
    benar kata mas bro aditya, baru 2 hari fase loading power nambah banyak bgt n angkatan juga sudah bisa ditambah ke yang lebih berat
  • TheoTheo
    Posts: 69
    creatine lebih condong ke bulking yee?
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,049
    iya creatine lebih condong ke bulking, karena otot yang dihasilkan akan terlihat basah, karena sifat dasar dari creatine menyerap air, makanya dalam penggunaan creatine user disarankan untuk memperbanyak konsumsi air
  • AncienAncien
    Posts: 117
    Saya menggunakan creatine, hasil berat badan bertambah dan otot lebih berkembang (bulking). Ketika saya menghentikan penggunaaan creatine maka otot saya tetap namun berat badan turun. Total kenaikan penggunaan kreatine selama 4 bulan menghasilkan kenaikan 3kg (setalah naik 5kg kemudian turun 2kg). Namun tubuh saya berasa lebih kekar dan total angkatan saya naik dibanding sebelum menggunakan kreatin (dari total angkatan 25kg sekarang bisa 50kg).
GET HEALTHY NOW

Dapatkan Artikel Fitnes dan Diet Terbaru

Daftar newsletter sekarang juga