Selamat Datang

Forum DuniaFitnes.com adalah media untuk berdiskusi tentang fitnes, diet, dan nutrisi. Silahkan mendaftar atau sign in terlebih dahulu untuk berdiskusi.

Login with Facebook

Top Posters

Home » Suplementasi
share tentang creatine, cara pemakaian, fungsi, efek samping
  • 658 Comments sorted by
  • Raj_abdRaj_abd
    Posts: 2
    bro aditya666 tq atas jawaban yg kemarin.

    hari sy mau konsultasi lg nih,, sy sdh konsumsi muscle juice+ creatine dari tgl 14 mei lalu,, dan BB saya skrg 63,5kg.
    Yg mau sy tanyakan, katanya creatine bisa menambah stamina sehingga kekuatan angkatan bertambah,, tapi yg sy rasakan tidak ada perubahan yg signifikan. Itu knp ya bro,, mohon penjelasannya, terima kasih.
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,050

    Apakah efek negatif dari mengonsumsi creatine secara rutin? Berapa butirkah standar pemakaian/pengonsumsian amino dalam sehari?


    Jawaban 1:

    Creatine berlebihan, akan kurang bermanfaat kalau kurang berolahraga.
    Seperti tipe protein lain, creatine sintesis (monohydrate) sebaiknya
    diimbangi dengan minum air putih yang banyak. Creatine ditemukan dalam
    daging dalam jumlah sedikit. Seperti tipe ‘protein’ lain, pengonsumsian
    air putih diharapkan agar kerja ginjal tidak terlalu berat. Terutama
    ketika tidak berolahraga.


    Ada periode pemakaian dari Creatine, 1 minggu loading dan 4 minggu
    maintaining. Dan 2 minggu berikutnya rest. Kemudian dimulai siklus
    loading lagi, begitu seterusnya. Takaran disesuaikan dengan manual di
    boxnya.


    Creatine sintesis masih dikatagorikan “sangat aman dikonsumsi” oleh atlit maupun umum. Cuma memang harganya lumayan mahal.

  • aditya666aditya666
    Posts: 4,050

    Untuk standard amino, seperti kebutuhan protein untuk binaraga 2
    gram/hari per kg berat badan. Whey protein, BCAA biasa disebut amino
    juga. Mungkin yang biasa disebut amino adalah BCAA ini


    Jawaban 2:

    Efek negatif dari creatine tidak ada, kecuali Anda minum 30 gram
    creatine sehari (6 sendok teh) dengan minum air putih hanya sejumlah 1
    gelas. Creatine itu berasal dari sumber alami, daging-dagingan juga
    mengandung creatine, jadi jangan jadikan suplemen itu setara dengan
    OBAT, kalau orang sehat minum obat itu tidak boleh, karena pasti ada
    efek samping, tapi orang sehat minum suplemen boleh dan malah akan
    membantu performa secara keseluruhan.

    Amino itu unsur pembentuk protein, daging ayam ada proteinnya, pasti ada
    aminonya, jadi seberapa banyak boleh makan ayam dalam sehari? Berapa
    saja boleh, tidak ada batasan, sesuaikan kebutuhan saja, misalnya Amino
    2002, kadar amino per tabletnya 2000 mg per butir, itu artinya
    mengandung protein siap serap sebanyak 2 gram per butir, kalau memang
    lagi membutuhkan protein tambahan untuk pembentukan otot, minum sehari
    10 pun tidak masalah, bahkan untuk seorang atlet seperti Komara Dhita
    Yana (Atlet Ultimate Nutrition) dia rata-rata makan sehari amino 25
    butir (tergantung kebutuhan) dan nilai proteinnya pun baru 50 gram
    protein (setara dengan 200 gram daging ayam). Yang penting sesuaikan
    kebutuhan saja. Amino adalah protein siap serap, bagus untuk menjadi
    bahan baku pertumbuhan otot, mungkin jika Anda perlu patokan standarnya,
    3 kali sehari 3 tablet sesuai petunjuk di kemasan, 3 tablet di pagi
    hari sebelum sarapan (untuk langsung memberi otot bahan baku), 3 tablet
    sebelum latihan (untuk memberikan gizi dan mencegah pembakaran otot
    menjadi energi saat latihan), dan 3 tablet langsung sesudah latihan
    (untuk memberikan gizi bagi otot untuk pemulihan dan pembangunan sel
    otot baru).

    Thanked by 1oppadidhut
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,050
    Bagaimana jika memakai creatine, tapi latihannya tidak terlalu intens, sehari latihan sehari istirahat?

    Pakai creatine juga baik karena akan meningkatkan power saat
    berlatih. Perhatikan baik-baik saran pemakaian yang ada pada botolnya
    untuk memperoleh hasil maksimal. Latihan 3 kali seminggu sudah cukup.
    Tinggal bagaimana mengatur nutrisi (pola makan dan diet), program
    latihan dan istirahat (otot berkembang di luar gym).

    Tapi kalau mau meningkatkan power bukan makan creatine, karena tiap
    mol creatine hanya menyediakan 2 mol ATP (kira-kira 292 kkal). Nah
    bandingkan dengan kalau Anda makan nasi banyak-banyak biar glukosa darah
    Anda naik. Karena tiap mol glukosa menghasilkan 8 mol ATP (dari proses
    pemecahan glikogen menjadi glukosa)


    Saya baru 3 bulan latihan, selama latihan saya meminum L-Men sebelum
    latihan, dan malam hari menjelang tidur, selama itu ada sedikit
    perubahan, berat badan saya bertambah sedikit, selama ini saya mau
    menggunakan Amino dan Cretine, tetapi saya tidak tahu apa itu Amino dan
    Creatine itu sendiri, yang ingin saya tanyakan:

    1) Apa sih Amino dan Creatine itu sendiri??

    2) Kegunaan Amino dan Creatine??

    3) Kapan waktu menggunakannya??

    Kalau Anda mau memakai amino dan creatine, pemakaiannya boleh diatur sebagai berikut:


    Creatine dan amino sebelum latihan. Sesudah latihan (sesegera
    mungkin) minum L-Men dan amino. Perhatikan kebutuhan simple carbobhydrat
    tubuh Anda. Pedomannya 1 gr untuk setiap BB hanya pada masa post
    work-out. Tambahkan juga anti-oksidan (vitamin C dan E ) untuk
    mengantisipasi radikal bebas yang banyak dilepas tubuh saat berlatih.


    Creatine tujuannya untuk meningkatkan power latihan dan amino adalah
    protein yang sangat dibutuhkan untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak
    (a.l otot). Perhatikan petunjuk penggunaan creatine yang tertera pada
    botolnya. Jangan digunakan terus-menerus tetapi harus direcycle

    Thanked by 1oppadidhut
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,050
    Raj_abd said:

    bro aditya666 tq atas jawaban yg kemarin.

    hari sy mau konsultasi lg nih,, sy sdh konsumsi muscle juice+ creatine dari tgl 14 mei lalu,, dan BB saya skrg 63,5kg.
    Yg mau sy tanyakan, katanya creatine bisa menambah stamina sehingga kekuatan angkatan bertambah,, tapi yg sy rasakan tidak ada perubahan yg signifikan. Itu knp ya bro,, mohon penjelasannya, terima kasih.



    silahkan dibaca dulu, baru ditanyakan lagi
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,050
    1. Lakukan latihan maksimal 4 kali dalam seminggu selama kurang lebih
    hanya 45 menit – 1 jam, untuk jenis latihannya bisa dengan latihan
    basic seperti hari-1 dada + trisep+perut, hari-2 punggung + bisep+perut,
    hari-3 off, hari-4 kaki + bahu+perut, hari-5 off, terus mulai lagi
    dengan pola latihan hari-1, lakukan maksimal total 9 gerakan setiap kali
    latihan, lakukan latihan compound (melibatkan banyak otot) misal untuk
    dada yaitu bench press selain otot dada juga akan membentuk trisep dan
    bahu.

    2. pola makan 5-6x sehari kalau bisa 2-3 kali lipat jumlah kalori harian Anda. Berikut contohnya

    Sarapan

    • 2 telur utuh dan 4 putih telur

    • 2 potong besar roti gandum utuh

    • 1 sendok makan selai kacang

    • 1 scoop Muscle Juice

    Snack Pagi

    • 1 cup oatmeal atau havermut dengan gula secukupnya

    • 1 buah apel, pir atau jeruk

    • 3 butir Amino 2002

    Makan Siang

    • 3 ons dada ayam/ikan/daging sapi utuh

    • 1 ½ cup nasi coklat (brown rice)

    • 1 cup sayuran

    Snack Siang

    • 2 potong besar roti gandum utuh

    • 2 potong ikan/daging/ham panggang

    • 1 buah apel/pir/jeruk

    • 3 butir Amino 2002

    Sebelum Latihan

    • 1 buah pisang

    • 1 scoop Muscle Juice

    • 1 serving Creatine Monohydrate (Creapure)

    Sesudah Latihan

    • 1 scoop Muscle Juice

    • 1 serving Creatine Monohydrate (Creapure)

    Makan Malam

    • 2 ons dada ayam/ikan/daging sapi utuh

    • 1 cup sayuran

    • 1 kentang/ 1 cup nasi coklat

    Sebelum Tidur

    • 3 butir Amino 2002


    3. Anda bisa mencoba gainer yaitu muscle juice untuk menmbah berat
    badan dan massa otot, kombinasikan pula dengan creatin untuk menambah
    power dan mempercepat pembentukan otot.


    4. Creatin dan amino kombinasi yang bagus sebelum latihan untuk
    menambah tenaga, mebentuk otot dan mencegah katabolik otot. 30 menit
    sebelum latihan.


    5. Creatin, muscle juice dan amino juga adalah kombinasi untuk
    menjadikan tubuh lebih padat dan berisi selain itu menambah berat badan
    bagi mereka yang cenderung memiliki tipe badan kurus
  • EckoEcko
    Posts: 24
    contoh oatmeal ato havermut ap aj gan..
    ap nm merek produkx..
    mslhx saya cri di supermarket gk ktemu2 e
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,050
    wah ane juga g tahu merk apa, udah jarang konsumsi lagi sih
  • FredyFredy
    Posts: 21
    Mas Aditya,

    Saya mau tanya, saat ini saya menggunakan suplemen Beta K 30 menit sebelum latihan dan setelah latihan saya minum whey isolate. Apakah boleh jika sebelum latihan saya mengkonsumsi Beta K dan Suplemen Nitrix Oxide secara bersamaan? (Catatan : saya memiliki penyakit maag).

    Thanks
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,050
    tidak apa2 selama kamu tidak alergi caffeine, soalanya di Nitrix ada sedikit campuran caffeine, dengan catatan kamu sudah makan dulu sebelum mengkonsumsinya
  • FredyFredy
    Posts: 21
    Mas Aditya.,

    Iya Mas, biasanya saya mengkonsumsi 1 buah pisang dan Beta K 30 menit sebelum latihan gym. Skrng krn merasa pengen lebih maksimal lg, saya mau coba tambahkan suplemen nitrix oxide latihan gym. Berarti kesimpulannya, suplemen Beta K dan Nitrix Oxide aman di gunakan bersamaan sebelum latihan ya? Karena di suplemen facts nya saya liat di suplemen nitrix oxide nya sudah ada creatin nya. 



  • FredyFredy
    Posts: 21
    Ini saya copy paste dari suplemen facts nya :

    Creatine Ethyl Ester-Beta-Alanine Composite (CarnoSyn�), Sodium Creatine Phosphate Matrix, Creatinol-O-Phosphate-Malic Acid Interfusion, Creatine ABB� (Creatine Alpha Amino-N-Butyrate)
    Phosphoplexx

    Mohon info dan saran dari Mas Aditya.

    Thanks
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,050
    nitrix emang ada creatinenya tapi jumlahnya tidak banyak, minimal 5 gr pada setiap produk suplemen, fungsinya untuk menambah tenaga, jadi aman untuk dicampur dengan jenis suplemen lain, nitrix pada dasarnya menaikkan power otot dan menambah efek ngepump pada saat latihan, bagi yg bugdet suplemennya aga tipis, lebih baik pilih langsung creatine monohidrat daripada creatine, tapi kalau dompetnya tebal tidak apa-apa
  • FredyFredy
    Posts: 21
    Mas Aditya,

    Oh gitu Mas. Jd aman dan tidak apa2 jika saya mengkonsumsi suplemen n itrix oxide dan Beta K secara bersamaan  sebelum latihan?
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,050
    aman, asal kamu tidak berlebihan dan sesuai takaran yg dianjurkan pada kemasannya, emang pakai merk apa bro?
  • FredyFredy
    Posts: 21
    Oke Mas, klo aman saya mau coba pakai. Saya rutin pake Beta K, skrng mau coba kombinasikan dengan Nitrix dari BSN. Gmn Mas? Bisa kan? atau Mas Adit sudah pernah coba pakai merk Nitrix BSN?

  • aditya666aditya666
    Posts: 4,050
    kalau aku blm pernah pake nitrix BSN, aku dulu pake produk MHP namanya DARK RAGE, maut bgt tarikan powernya hehehehehe, tapi semenjak pake creatine aku jdi g pernah pakai suplemen jenis nitrix lagi, karena power yg dihasilkan dari creatine udah lumayan sama dengan pakai nitrix
  • FredyFredy
    Posts: 21
    Oh ya Mas Adit, mau tanya satu lg.. Klo penggunaan Beta K di kombinasikan dengan minum kopi gmn Mas?? Krn biasanya saya sebelum latihan minum Beta K dan ngopi segelas dlu. Karena ada yg bilang penggunaan Beta K ga boleh di barengi dengan cafein. Mohon pencerahannya Mas Adit.

    Thanks
  • aditya666aditya666
    Posts: 4,050
    sebaiknya tidak usah, cukup Beta K sama nitrix aja, kasihan ntr bisa memicu asam lambung kamu kalau berlebihan
  • kalau creatine buat pemula cocok gak ya?
GET HEALTHY NOW

Dapatkan Artikel Fitnes dan Diet Terbaru

Daftar newsletter sekarang juga