Selamat Datang

Forum DuniaFitnes.com adalah media untuk berdiskusi tentang fitnes, diet, dan nutrisi. Silahkan mendaftar atau sign in terlebih dahulu untuk berdiskusi.

Login with Facebook

Top Posters

Home » DuniaFitnes.com Lounge
Tanya efek samping Fitness lalu Berenang
  • Dear all,
    Saya punya hobby fitness dan berenang, kebetulan di dekat rumah ada kolam renang + tempat gym.
    Bisa gak sih saya ikuti keduanya? jadi setelah fitness berenang? ada efek samping gak sama otot yang sudah saya latih ketika fitness apabila saya akhiri olahraga dengan berenang
  • 18 Comments sorted by
  • iwan4diiwan4di
    Posts: 19
    Bisa banget, fungsi dari renang adalah cardio, sama seperti lari, aerobik dan bersepeda
  • AncienAncien
    Posts: 117
    Kalau sehabis fitness kemudian berenang akan menimbulkan turunnya massa otot. Namun bila tujuan anda untuk mengecilkan tubuh maka ini adalah baik. Namun bila anda ingin meningkatkan massa otot maka disarankan jangan terlalu sering melakukan kardio sehabis melakukan latihan fitness.
  • @Ancien: Makasih atas masukannya mas. Namun saya bingung nih, bukannya ko Denny Santoso bilang klo mau fat loss mesti tingkatin masa otot dengan angkat beban lalu setelah angkat beban lakukan cardio ya?
    Angkat beban utk membakar energi dr makanan yg dimakan sblm fitness, cardio setelah angkat beban utk membakar lemak krn energinya sudah terkikis ketika angkat beban dan lemak jadi alternatif tenaga cadangan utk melakukan cardio.
    Saya selalu pakai cara diatas, hasilnya berat badan turun, masa otot juga masih ok. Tp apa benar ada masa otot yg dikorbankan ketika saya melakukan hal diatas?
  • johnrayjohnray
    Posts: 116
    Kenapa berat badan bisa turun saat bulking padahal udah sempet naik 9
    kg? begitu turun susah buat naekin lagi. Ada yang bisa bantu jawab?
  • ArielSharonArielSharon
    Posts: 74
    Wah, kalau saya lebih ekstrim lagi.
    kadang2 sehabis bulking kemudian treadmill HIIT lalu langsung berenang. 
    Jadi apakah rutinitas ini harus diubah? Saya sangat menyukai renang, dan tempat fitness saya ada kolam renang jadi suka ga tahan kalo ga berenang.
  • AncienAncien
    Posts: 117
    @chandrajatnika : Prinsip yang anda lakukan tidak salah. Namun bila tujuan and ingin membentuk otot (bulking) secara maksimal akan lebih baik bila kardio-nya tidak terforsir setelah latihan beban. Saran yang digunakan ko Denny juga bagus terutama untuk menurunkan berat badan. maka kembali fokus apa yang ingin anda lakukan. Secara manusiawi kita ingin bulking dan menurunkan berat badan. Namun tetap semua ada porsinya. Mungkin bulking (40%) dan menurunkan berat badan (60%) berarti anda harus melakukan kardio secara intensif (min 30 menit atau melakukan E-HIIT) setelah melakukan latihan beban. 

    @ArielSharon  : apa tujuan anda nge-gym? Bulking atau menurunkan berat badan? Bila bulking sebaiknya anda melakukan salah satu kardio saja setelah latihan beban, berenang atau treadmil. Namun bila ingin menurunkan berat badan maka cara yang anda lakukan sudah tepat.

    Anyway, saran dari saya tidak mengikat karena kembali ke tubuh anda masing-masing. mana yang menurut anda nyaman anda lakukan, silakan teruskan pola latihan anda.

    Cheers...
    Post edited by Ancien at 2012-05-01 07:55:52
  • AncienAncien
    Posts: 117
    @
    johnray : Mungkin anda saat melakukan bulking juga melakukan kardio terlalu berat. Coba kurangi intensitas latihan kardio anda dan diganti dengan latihan beban.
  • andrianspsandriansps
    Posts: 4
    Saya pengen bulking skaligus nurunin berat badan, tinggi sy cm 165 tp berat smp 70... Kira" olahraga bulking atau cardio nya yg bagus itu brp lama ya ?? Mohon bantuannya ^^
  • @Ancien: Wah makasih ya atas inputannya. 
    Mau tanya lagi. Saya juga suka RPM, kebetulan jadwal RPM di gym saya itu pas banget sama plng kantor jadinya pas banget gak pake latihan beban langsung RPM, lebih bagus gmn utk ngebakar lemak? latihan beban RPM atau RPM -> Beban -> Cardio Lagi. Mohon masukannya :)
  • Fal_andraFal_andra
    Posts: 46
    Pulang kantor pastinya sore kan. Karena tubuh sedang posisi full karbo jadi lebih baik latihan beban dulu agar karbonya habis, lalu RPM supaya efeknya bisa langsung membakar lemak.
  • AncienAncien
    Posts: 117
    @chandrajatnika : Masukan saudara 
    Fal_andra sangat tepat. Sebaiknya anda melakukan latihan beban dahulu sehing karbohidrat di dalam tubuh anda habis digunakan untuk melakukan latihan beban sehingga ketika anda melakukan latihan RPM maka cadangan lemak yang digunakan sebagai sumber energi.

    Cheers.
    Post edited by Ancien at 2012-05-02 05:51:20
  • @Ancien dan @Fal_andra terima kasih atas masukannya. 
    Sedikit curhat ttg jadwal fitness gpp ya? :D
    Jadi saya sampai tmpt fitness jam 6.30, RPM dimulai pukul 7.00.
    Saya siap-siap lalu melakukan pemanasan dengan treadmill atau sepeda selama max 10menit, yg penting badan jadi panas, lalu saya peregangan sebelum angkat beban. Sekiranya saya cuma dapat 15 - 20 menit angkat beban, saya juga sudah pakai superset biar menghemat waktu.
    Hasilnya pas RPM cape banget, biasanya RPM saya lakukan di awal dan saya sanggup sampai akhir, skr di tengah RPM punggung saya sakit spt ada pembuluh darah menyempit dan nafas saya sesak, krn saya juga ada penyakit asma.
    Kira-kira ini efektif atau bahaya ya? saya blom pernah secapek kmrn klo ngegym,bahkan sampai asma saya kambuh di tengah latihan jarang banget. Saya jarang angkat beban dengan superset krn blom terbiasa tp krn ingin mengejar bakar karbo sblm RPM saya harus lakukan itu.
    Dilematis sih tp mw gmn lagi. Dari kantor plng jam 6, gak bisa lbh cpt dari itu. :D
  • johnrayjohnray
    Posts: 116
    @Ancien justru saya jarang cardio, selalu latihan beban dengan durasi 45 menit sampai 1 jam.. Bagaimana yah?
  • AncienAncien
    Posts: 117
    @johnray :  kalau anda tidak membutuhkan latihan kardio tidak ada masalah tapi tetap dalam 1 minggu usahakan melakukan latihan kardio minimal 2x agar paru-paru anda dapat terlatih.

    @chandrajatnika : mungkin anda dapat melakukan RPM tidak setiap hari coba lakukan seminggu 3x sedangkan sisanya dapat anda fokuskan pada latihan beban. Jadi karena anda sudah lelah jangan dipaksakan melakukan latihan beban dan RPM bersamaan. Lebih efektif bila dalam seminggu anda dapat melakukan 3x latiyhan beban + 3x RPM. Bila memungkinkan akhiri latihan beban anda dengan kardio (stationary bicycle, treadmil). namun kembali coba ukur ketahanan tubuh anda. Jangan terlalu memaksakan diri anda apalagi bila hari itu kerjaan sudah sangat menyita tenaga anda.

    Cheers.
  • johnrayjohnray
    Posts: 116
    @Ancien lalu kira-kira apa penyebab penurunan berat badan saat bulking? terlihat juga otot agak mengecil atau menyusut.
  • AncienAncien
    Posts: 117
    Penyebab penurunan massa otot saat bulking bisa terjadi karena :
    1. Terlalu banyak melakukan latihan kardio setelah latihan beban.
    2. Kurang asupan protein.
    3. Overtraining beban tidak diimbangi dengan gizi dan istirahat yang cukup.
    4. Pola latihan yang salah.

    Cheers
  • adi_gunawanadi_gunawan
    Posts: 160
    Fitness trus berenang (cardio), tergantung dari tujuannya apa dulu.
  • menyimak.. karena masih newbie
GET HEALTHY NOW

Dapatkan Artikel Fitnes dan Diet Terbaru

Daftar newsletter sekarang juga